Publikasi / Multimedia / 2015

Rilis Pers: Hasil Survey “Profil Pengguna Internet di Indonesia 2014” oleh APJII bekerja sama dengan Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia

Penggunaan internet dalam berbagai bidang di Indonesia mengalami peningkatan pesat dari tahun ke tahun. Sejak internet mulai berkembang di Indonesia, penggunaan internet memiliki kaitan erat dengan perkembangan dunia bisnis, teknologi dan informasi, politik, pendidikan, hiburan, dan lain-lain. Meski secara kuantitatif jumlah pengguna internet terus bertambah, hal tersebut belum diikuti dengan pemerataan akses internet di seluruh Indonesia. Laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan data lain menyebutkan bahwa Indonesia masih menghadapi berbagai kendala dalam mencapai pemerataan tersebut, antara lain keterbatasan biaya dan infrastruktur.
Upaya pemerataan akses internet sedang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui program Pita Lebar 2014-2019. Perhatian perlu ditujukan pula pada pengetahuan bahwa pembangunan infrastruktur internet bukan hanya menyangkut hak atas akses informasi, tapi juga berkaitan erat dengan pengentasan kemiskinan, pemerataan pendidikan, dan pemberdayaan komunitas tertinggal.

Sebagai lembaga yang memiliki perhatian pada perkembangan bidang teknologi dan informasi, survei 2014 Asosiasi Peyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dikelola oleh Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia (Puskakom UI) menelaah profil pengguna internet di Indonesia. Hasil survei diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi sektor bisnis dan industri, dan juga bagi pengambilan kebijakan publik, hingga sektor vital seperti pendidikan. Perbaikan pada bidang-bidang tersebut kemudian juga diharapkan dapat lebih menyejahterakan bangsa Indonesia.

Hasil Survey Profil Pengguna Internet Indonesia 2014 dapat diunduh pada tautan di bawah ini:
Survey APJII 2014 v2

Ditulis oleh Administrator / Diposting 14 April 2015