Publikasi / Infografik / 2014

Infografik: Inisiatif Pemantauan MataMassa

Pemilihan Umum 2014 merupakan momen pembelajaran penting mengenai insiatif publik dalam pemantauan dan inovasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Berbagai taktik diandalkan, misalnya saja, optimalisasi media sosial oleh Ayo Vote, agregasi data politik oleh Api Pemilu dan Jari Ungu, hingga pengembangan aplikasi-aplikasi baru untuk ponsel pintar oleh MataMassa. Contoh terakhir, MataMassa, memberikan catatan menarik tersendiri mengenai pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan partisipasi warga.

Dikembangkan oleh iLab dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), MataMassa memungkinkan warga biasa untuk melaporkan pelanggaran atau kecurangan PEMILU dengan menggunakan telepon seluler mereka. Pada PILEG 2014 lalu, Mata Massa menerima setidaknya 2,765 laporan (per 30 April) dan menyampaikan 1,796 dari 7,478 laporan yang diterima Bawaslu dalam PILEG 2014.

Ahmad Suwandi, anggota dewan penasihat iLab, menuturkan bahwa aplikasi tersebut diciptakan untuk menjawab permasalahan validasi dan verifikasi yang kerap menjadi hambatan dalam aktivitas pemantauan, terutama yang dimediasi oleh media sosial. Walau adopsi MataMassa masih terbatas untuk warga yang berdiam di wilayah urban, inovasi tersebut dan berbagai inisiatif yang bermunculan dari individu dan kelompok masyarakat sipil harus terus diupayakan demi mendukung realisasi Pemilihan Umum yang transparan dan akuntabel di masa mendatang.

Informasi lebih lengkap mengenai MataMassa dalam Pemilihan Umum 2014 lalu, silahkan unduh infografisnya disini.

Infografik: Inisiatif Pemantauan MataMassa
Ditulis oleh Administrator / Diposting 28 October 2014