/ Publikasi / 2017

Hasil Riset Manfaat Sosial Aplikasi On-Demand : Studi Kasus Gojek-Indonesia

Sejak awal tahun 2000, perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang pesat. Hal tersebut telah berdampak pada perubahan sosial yang sangat cepat di banyak negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Beberapa perubahan besar yang terjadi, antara lain, adalah komersialisasi digital. Penelitian mengenai perubahanperubahan ini penting agar pengambilan kebijakan dan pendekatan program-program pemberdayaan masyarakat tepat sasaran.

 

Pusat Kajian Komunikasi, Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia (Puskakom UI) adalah unit kegiatan khusus penelitian dan pengabdian masyarakat yang menjalankan tugas akademik pemanfaatan penelitian untuk pengambilan kebijakan berbasis data. Berkenaan dengan tujuan tersebut, Puskakom UI terus menjalankan penelitian untuk memahami perubahan sosial yang berkenaan dengan TIK. Pada tahun 2017, Puskakom UI menjalankan riset mengenai manfaat sosial aplikasi on demand terhadap mitra dan pengguna di tengah pergeseran budaya. Riset ini dilaksanakan dengan melibatkan mitra dan pengguna aplikasi on-demand perusahaan komersialisasi digital terbesar di Indonesia, yakni GO-JEK Indonesia.

 

Penelitian ini merupakan penelitian berbasis aplikasi yang menggunakan metode sampling pencuplikan acak murni (pure random sampling) atas mitra GO-RIDE (3.213 responden), GO-CAR (2.801 responden), dan pelanggan (4.048 responden) yang aktif dalam 3 bulan terakhir. Sampel mewakili populasi pengemudi dan pelanggan di 15 lokasi, dengan 50 persennya berasal dari wilayah Jabodetabek sebagai wilayah dengan jumlah pengemudi/pelanggan terbanyak. Riset ini memiliki margin of error 1,5 persen.

Hasil riset manfaat sosial aplikasi on-demand: studi kasus Gojek-Indonesia dapat diunduh melalui link berikut: goo.gl/BMRPhn

Ditulis oleh Admin Puskakom / Diposting 30 August 2017