/ Kegiatan / 2014

Lokakarya Pemantauan Pemilu dan Pemanfaatan Teknologi Informasi 2014

Lokakarya “Pemantauan Pemilu dan Pemanfaatan TIK” dilaksanakan selama dua hari (7 & 8 Agustus) di Hotel Amaris, Tebet, Jakarta. Lokakarya menghadirkan perwakilan berbagai lembaga pemantau yang berasal dari dalam dan luar konsorsium Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), serta berpengalaman dalam mengadopsi inovasi teknologi dalam Pemilihan Umum.

Lokakarya ini dihadiri oleh JPPR Aceh Nangroe Aceh Darussalam, Bengkel APPeK Nusa Tenggara Timur, LSM LAPAR Sulawesi Selatan, Madura Corruption Watch Jawa Timur. Sedangkan untuk non-anggota JPPR, lokakarya ini dihadiri oleh LSM MaTa (Masyarakat Transparansi) Aceh, LSM Pijar Keadilan (DKI Jakarta), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (DKI Jakarta), INDEPTH (DKI Jakarta), PERLUDEM (DKI Jakarta), iLab (DKI Jakarta), API PEMILU (DKI Jakarta), KIPP Jakarta (DKI Jakarta), Jari Ungu (DKI Jakarta), Yayasan Satu Dunia (DKI Jakarta).

Lokakarya selama dua hari tersebut memberikan beberapa catatan penting berdasarkan pengalaman masing-masing lembaga, yang perlu ditekankan dalam rangka pengembangan strategi pelibatan masyarakat dan adopsi TIK di kegiatan elektoral mendatang. Catatan tersebut mencakup tabulasi masalah seputar pemantauan, solusi praktis para pemantau ketika di lapangan pada Pemilihan Umum 2014 kemarin, dan gagasan atau ide untuk mengatasi hambatan serupa di kegiatan elektoral mendatang.

Ditulis oleh Administrator / Diposting 30 September 2014